Kamis, 02 Oktober 2014

Motivasi Belajar

Motivasi adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek itu dapat tercapai. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.

Motivasi Belajar adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar siswa (dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.

Motivasi Belajar sangat diperlukan oleh kita semua, karena dengan adanya motivasi inilah yang dapat membuat keberhasilan dan kesuksesan seseorang. Motivasi ini bisa kita dapatkan dari keluarga, teman, guru, dan lingkungan terdekat. Tidak dapat dipungkiri dengan adanya motivasi inilah kita menjadi semangat dalam melakukan hal yang kita inginkan. Motivasi tidak datang dengan sendirinya, kita sebagai pelajar juga harus memiliki keinginan yang kuat agar dapat termotivasi. Motivasi dari dalam diri lah yang sangat kuat. Oleh karena itu kita harus mempunyai keinginan untuk sukses dan berhasil.

Carilah motivasi belajar yang dapat meningkatkan kemauan belajar kita, yang dapat memunculkan semangat apabila kita mengingat atau melihatnya. Dalam hal ini orang tua juga sangat berpengaruh untuk memotivasi anak-anaknya dalam belajar. Sebagai seorang anak kita harus berbakti kepada orang tua kita, membalas jasa-jasa orang tua yang telah merawat dan memberikan kasih sayangnya, memberikan semua hal yang kita inginkan, menyekolahkan kita sampai ke perguruan tinggi. Kita tidak boleh mengecewakannya, belajarlah dengan tekun dan ingatlah semua jasa-jasa orang tua kita. Ingatlah mereka tidak akan terus-menerus bekerja, suatu saat mereka akan menua dan pensiun dari pekerjaannya, kita tidak boleh mengandalkan orang tua kita terus-menerus.

Sebagai anak kita harus dapat membanggakan kedua orang tua dengan prestasi yang baik dan pekerjaan yang mapan. Kita harus mempunyai cita-cita ke depannya untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi, yang berguna untuk orang tua dan sekitarnya. Cita-cita menjadi seseorang yang sukses. Kesuksesan itu dapat kita raih dengan cara berusaha dan berdo'a. Usaha yang dimaksud adalah belajar, dengan belajar kita dapat mengetahui segala macam hal yang ingin kita ketahui. Selain itu berdo'a juga merupakan kunci utama dalam kesuksesan. Apabila kita berusaha tanpa berdo'a, atau berdo'a tanpa usaha tidak akan meraih kesuksesan. Alangkah lebih baik kalau kita melakukan kedua cara itu agar lebih sukses dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar