Senin, 16 Juni 2014

Resume Seminar Game OPEN LECTURE “Game Industry, Global and Indonesia Opportunity and Challenges”



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya ingin meresume inti dari seminar OPEN LECTURE “Game Industry, Global and Indonesia Opportunity and Challenges yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma pada tanggal 10 Juni 2014 lalu. Narasumber dari seminar ini berjumlah 4 orang, semuanya memiliki pengalaman yang sangat luar biasa di dalam dunia game tersebut.



  • Ø Narasumber Pertama : Bpk Andreas (Tim UG IBC)


Outline : 1. Game Yesterday & Today
               2. Game Component

Game Yesterday & Today
Merupakan game popular, atau sepanjang masa. Orang yang memainkan game ini tidak akan pernah bosan karena gemenya yang sangat bagus dan menarik. Contoh dari Game ini : Prince Of Persia, Doom, dll.

Game Component
Merupakan komponen- komponen atau isi dari game itu sendiri. Game component terdiri dari 2(dua) bagian yaitu content + engine.
Content terdiri dari:
-         Sound
-         Effect
-         Lighting
-         Level design
-         Animation
-         Etc
Engine terdiri dari:
-         Motion capture:
Other factors for successful Game:
1.     Playability and game play
2.     How fun are the Game
3.     Price
4.     Innovation only god when these two above factor are met.
5.     Timing
6.     Play by industry

-         Innovation controller game
1.     Brain Computer interface : suatu device yang digunakan untuk menjembatani otak dengan computer. Innovasi ini menggunakan syaraf otak untuk mengatur suatu permainan. Fungsi dari BCI ini juga dapat digunakan untuk melihat fungsi apakah yang terkandung dalam otak seseorang. Untuk memainkan pemainan dengan controller BCI ini  diperlukan ketenangan suasana, agar pemain dapat berkonsentrasi penuh untuk mencapai tujuan dari game yang sedang dimainkannya.
Prinsip kerja dari BCI sendiri berupa stimulus gelombang Alpha, Beta, Delta, Theta dan Neural Impulse Actuator (NIA).



  • Ø Narasumber Kedua : Wong Lok Dien


“The Rise Of Gaming”

Untuk meningkatkan atau mengembangkan suatu game yang akan kita buat, diperlukan beberapa aspek pendukung dalam pembuatan dan pemasaran game itu sendiri. Usahakan untuk mencapai global atau umum, dengan memudahkan akses platform pada game yang kita buat. Dibawah ini adalah tahap-tahap pembuatan game yang baik, yaitu:
1.     Bunch of references. Untuk membuat suatu game yang baik diperlukan beberapa referensi game-game yang sudah ada kemudian digabungkan dan diperbarui lagi menjadi game yang up to date.
2.     Free & Easy to Use tools. Setelah memiliki beberapa referensi game, saatnya mengimplementasikannya ke dalam aplikasi game yang akan kita buat. Usahakan untuk menggunakan peralatan yang gratis dan mudah dalam penggunaannya.
3.     Monetize ready. Apabila game yang telah kita buat telah selesai dengan baik kita sudah siap untuk menampung pundi-pundi uang.
4.     Open market. Dari semua tahap inilah tahap yang paling penting, usahakan aplikasi kita dapat ditemukan disemua market khusus platform gadget-gadget game yang sedang trend di masa sekarang.

Dari keempat tahap tersebut ada tahapan-tahapan lain yang  perlu dimulai dari diri kita sendiri. Tahapan tersebut antara lain:
1.     Concept
2.     Execution
3.     Access to the market
4.     Marketing / promotion
5.     Service & operations

Untuk informasi lebih lanjut kita dapat mengunjungi alamat web http://helloludo.com/pengembangan-game/



  • Ø Narasumber Ketiga : Kim Kyoung Hwan


“Game Engine Unity 3D”

Untuk pembuatan game unity 3D ini tidak hanya diperuntukan untuk seorang programmer saja, orang lain yang bukan seorang programmer pun dapat membuatnya, pembuatan game pada Unity 3D ini gampang-gampang sulit. Kita hanya memerlukan ketelitian dan keterampilan untuk membuat design graphics yang nyata, sehingga game yang kita buat dapat menyerupai keadaan aslinya. Untity 3D platform:
-         IOs                                      - PS3
-         Android                              - Xbox 360
-         Flash                                   - Wii
-         PC                                      - Web Player
-         Mac                                    - Blackberry



  • Ø Narasumber Keempat : Stephen ceo


“Mobile Game Market Smart Trends and Success Stories”

-         Global mobile market game memerlukan device yang banyak untuk penembangannya. Sudah banyak platform yang mendukung seperti Line, We Chat, Kakao Talk, dll.
-         Untuk pemasaran global mobile market sangat meningkat dibandingkan game PC.
-         Di Amerika pada awalnya menghasilkan game untuk PC, namun setelah apple muncul, game dari platform PC berubah menjadi game berbasis mobile platform. Pemakaian mobile game sendiri terbilang sangat banyak dan luas. Mulai anak 10th-30th banyak yang sudah menggunakannya.
-         Di Asia pun tidak kalah pemakaiannya. Mulai dari anak kecil sampai ibu-ibu pun banyak dapat kita jumpai sedang asyik memainkan mobile game yang dimilikinya. Oleh karena itu apabila kita ingin menciptakan suatu game mobile yang baik, sebaiknya dibuat secara global atau umum sehingga siapapun dapat memainkan permainan yang kita buat tanpa harus terbentur usia.
-         Company game mobile Korea yang sukses antara lain:
1.     Gamevil
2.     Com2us
3.     Pictosoft
4.     Talk
5.     SundayTOZ
6.     pAti
7.     nfx
-         Tidak hanya Korea, Indonesia pun memiliki beberapa web game / game online yang sukses, antara lain:
1.     PT. Kreon
2.     Lyro
3.     Megaxus

Demikian Review game yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar