Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Pada
kesempatan kali ini saya ingin meresume inti dari seminar OPEN LECTURE “Game
Industry, Global and Indonesia Opportunity and Challenges yang diselenggarakan
di Universitas Gunadarma pada tanggal 10 Juni 2014 lalu. Narasumber dari
seminar ini berjumlah 4 orang, semuanya memiliki pengalaman yang sangat luar
biasa di dalam dunia game tersebut.
- Ø Narasumber Pertama : Bpk Andreas (Tim UG IBC)
Outline : 1. Game Yesterday & Today
2. Game Component
Game Yesterday & Today
Merupakan game popular, atau sepanjang masa. Orang yang memainkan
game ini tidak akan pernah bosan karena gemenya yang sangat bagus dan menarik.
Contoh dari Game ini : Prince Of Persia, Doom, dll.
Game Component
Merupakan komponen- komponen atau isi dari game itu sendiri. Game
component terdiri dari 2(dua) bagian yaitu content + engine.
Content terdiri dari:
-
Sound
-
Effect
-
Lighting
-
Level design
-
Animation
-
Etc
Engine terdiri dari:
-
Motion capture:
Other
factors for successful Game:
1. Playability
and game play
2. How fun
are the Game
3. Price
4. Innovation
only god when these two above factor are met.
5. Timing
6. Play by
industry
-
Innovation controller game
1. Brain
Computer interface : suatu device yang digunakan untuk menjembatani otak dengan
computer. Innovasi ini menggunakan syaraf otak untuk mengatur suatu permainan.
Fungsi dari BCI ini juga dapat digunakan untuk melihat fungsi apakah yang
terkandung dalam otak seseorang. Untuk memainkan pemainan dengan controller BCI
ini diperlukan ketenangan suasana, agar
pemain dapat berkonsentrasi penuh untuk mencapai tujuan dari game yang sedang
dimainkannya.
Prinsip kerja dari BCI
sendiri berupa stimulus gelombang Alpha, Beta, Delta, Theta dan Neural Impulse
Actuator (NIA).
- Ø Narasumber Kedua : Wong Lok Dien
“The Rise Of Gaming”
Untuk meningkatkan atau mengembangkan suatu game yang akan kita
buat, diperlukan beberapa aspek pendukung dalam pembuatan dan pemasaran game
itu sendiri. Usahakan untuk mencapai global atau umum, dengan memudahkan akses platform
pada game yang kita buat. Dibawah ini adalah tahap-tahap pembuatan game yang
baik, yaitu:
1. Bunch of references. Untuk
membuat suatu game yang baik diperlukan beberapa referensi game-game yang sudah
ada kemudian digabungkan dan diperbarui lagi menjadi game yang up to date.
2.
Free
& Easy to Use tools. Setelah memiliki beberapa referensi game,
saatnya mengimplementasikannya ke dalam aplikasi game yang akan kita buat.
Usahakan untuk menggunakan peralatan yang gratis dan mudah dalam penggunaannya.
3.
Monetize
ready. Apabila game yang telah kita buat telah selesai dengan baik kita
sudah siap untuk menampung pundi-pundi uang.
4. Open market. Dari semua tahap inilah
tahap yang paling penting, usahakan aplikasi kita dapat ditemukan disemua
market khusus platform gadget-gadget game yang sedang trend di masa sekarang.
Dari keempat tahap tersebut ada tahapan-tahapan lain yang perlu dimulai dari diri kita sendiri. Tahapan
tersebut antara lain:
1. Concept
2. Execution
3. Access
to the market
4. Marketing
/ promotion
5. Service
& operations
Untuk informasi lebih lanjut kita dapat mengunjungi alamat web http://helloludo.com/pengembangan-game/
- Ø Narasumber Ketiga : Kim Kyoung Hwan
“Game
Engine Unity 3D”
Untuk pembuatan game unity 3D
ini tidak hanya diperuntukan untuk seorang programmer saja, orang lain yang
bukan seorang programmer pun dapat membuatnya, pembuatan game pada Unity 3D ini
gampang-gampang sulit. Kita hanya memerlukan ketelitian dan keterampilan untuk
membuat design graphics yang nyata, sehingga game yang kita buat dapat
menyerupai keadaan aslinya. Untity 3D platform:
-
IOs -
PS3
-
Android -
Xbox 360
-
Flash -
Wii
-
PC -
Web Player
-
Mac -
Blackberry
- Ø Narasumber Keempat : Stephen ceo
“Mobile
Game Market Smart Trends and Success Stories”
-
Global mobile market game memerlukan device
yang banyak untuk penembangannya. Sudah banyak platform yang mendukung seperti
Line, We Chat, Kakao Talk, dll.
-
Untuk pemasaran global mobile market sangat
meningkat dibandingkan game PC.
-
Di Amerika pada awalnya menghasilkan game untuk
PC, namun setelah apple muncul, game dari platform PC berubah menjadi game
berbasis mobile platform. Pemakaian mobile game sendiri terbilang sangat banyak
dan luas. Mulai anak 10th-30th banyak yang sudah
menggunakannya.
-
Di Asia pun tidak kalah pemakaiannya. Mulai
dari anak kecil sampai ibu-ibu pun banyak dapat kita jumpai sedang asyik
memainkan mobile game yang dimilikinya. Oleh karena itu apabila kita ingin
menciptakan suatu game mobile yang baik, sebaiknya dibuat secara global atau
umum sehingga siapapun dapat memainkan permainan yang kita buat tanpa harus
terbentur usia.
-
Company game mobile Korea yang sukses antara
lain:
1.
Gamevil
2.
Com2us
3.
Pictosoft
4.
Talk
5.
SundayTOZ
6.
pAti
7.
nfx
-
Tidak hanya Korea, Indonesia pun memiliki
beberapa web game / game online yang sukses, antara lain:
1.
PT. Kreon
2.
Lyro
3.
Megaxus
Demikian
Review game yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat :))
Tidak ada komentar:
Posting Komentar