Sabtu, 17 Maret 2012

Adab-Adab Penulisan di Internet


Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan, misalnya memberi tahu, meyakinkan, atau menghibur. Media untuk menuangkan gagasan tersebut pun sudah banyak, tidak hanya di buku saja, sekarang kita bisa membuat tulisan di berbagai media online (Internet). Sudah banyak fasilitas yang disediakan disana. Namun ada adab-adab yang perlu di perhatikan dalam melakukan penulisan (posting) di internet.
Berikut adalah adab-adab yang perlu di perhatikan dalam penulisan di internet :
o   Tidak mengandung unsur pornografi dan SARA
o   Menggunakan bahasa yang baik dan sopan, serta sesuai dengan EYD
o   Memberikan informasi berdasarkan fakta atau kenyataan (tidak berbohong)
o  Jika dalam penulisan kita terdapat artikel milik orang lain, jangan lupa mencantumkan sumbernya
o  Kata yang kita sampaikan tidak boleh kasar atau dapat menyinggung perasaan seseorang
o  Tulisan yang kita buat harus mempunyai tujuan yang jelas.
o  Dengan sengaja tanpa hak mengakses komputer orang lain dengan tujuan memperoleh informasi atau dokumen elektronik, dengan sengaja melakukan pembobolan, penerobosan dan melampaui system keamanan elektronis. Jadi mengakses komputer orang lain tanpa meminta izin kepada pemiliknya bisa dituntut ke pengadilan.
o   Melakukan penyadapan terhadap informasi elektronis atau dokumen elektronis.
o Melakukan perbuatan yang menyebabkan terganggunya system elektronis, seperti melakukan spam untuk membuar website tidak berfungsi bisa dikategorikan dalam perbuatan ini.
o  Tanpa hak melakukan pengandaan, mendistribusikan atau memproduksi sesuatu yang digunakan untuk mendukung keperluan melakukan keperluan yang dilarang yang telah disebutkan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar